Sabtu, 27 Oktober 2012

Rute Busway Transjakarta

Sebagai kendaraan umum yang diatur oleh Pemprov DKI Jakarta, Busway, telah menjadi bagian penting dari moda transportasi di Ibu Kota. Kalau di Singapura ada SBS Transit, dan di Kuala Lumpur ada RapidKL maka Transjakarta adalah rapid bus yang ada di Jakarta yang menghubungkan seluruh bagian kota metropolitan ini.

Rute Busway Transjakarta Terbaru
Transjakarta atau lebih dikenal dengan Busway hingga kini telah memiliki 15 rute terbaru busway yang saling terhubung. Ini berarti tidak akan sulit untuk mencapai daerah lain di Jakarta. Rute tersebut dikenal juga sebagai koridor, kesebelas koridor-koridor tersebut yakni.
Koridor Rute (return)
1 Kota – Blok M
2 Pulo Gadung – Harmoni
3 Kali Deres – Pasar Baru
4 Pulo Gadung – Dukuh Atas 2
5 Ancol – Kampung Melayu
6 Dukuh Atas 2 – Ragunan
7 Kampung Rambutan – Kampung Melayu
8 Harmoni – Lebak Bulus
9 Pluit – Pinang Ranti
10 Tanjung Priok – PGC 2
11 Kampung Melayu – Pulo Gebang
12 Pluit – Tanjung Priok
13 Blok M – Pondok Kelapa
14 Manggarai – Universitas Indonesia
15 Ciledug – Blok M

Jika kamu jarang menggunakan busway mungkin akan sedikit bingung jika nanti harus transit busway di shelter lain, untuk itu gunakan fasilitas pencarian rute di website resmi transjakarta, yakni www.transjakarta.co.id atau bisa langsung ditanyakan kepada penjaganya, baik saat tiba di halte atau saat di bis. Ada sedikit perbedaan dari bus rapid pada umumnya yaitu di busway ada petugas penjaga pintunya. Ini digalakkan untuk mengurangi tindak kriminal dan pelecehan seksual seperti yang ramai menjadi pembicaraan media tahun lalu. Lain dengan RapidKL dan SBS Transit.

rute busway terbaru

Tarif busway adalah Rp. 3.500,- sekali jalan baik jarak dekat maupun jauh. Tetapi sebelum jam 07.00 pagi tarifnya adalah Rp. 2.000,- (umum). Bus ini beroperasi dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 23.00 malam dengan rute busway sesuai koridor masing-masing.
Di Indonesia baru ada dua kota yang sudah menggunakan transportasi semacam ini, yakni Jakarta dan Yogjakarta yang disebut dengan Transjogja (wikipedia).


Rute Busway atau Peta Jalur Busway,

 Klik Untuk Memperbesar


 Klik Untuk Memperbesar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar