Senin, 12 Desember 2011

Bootable Windows XP dengan Flasdish

Instal XP lewat flashdisk ini pernah saya lakukan ketika menginstal netbook milik teman saya. Karena tidak punya CD ROOM external, terpaksa diakali lewat flashdisk. Akhirnya saya googling sana-sini untuk mendapatkan caranya. Banyak yang saya temui penjelasan cara instal xp lewat flashdisk kurang detil. Akibatnya waktu itu sempat beberapa kali instal karena salah. Jelas makan waktu cukup lama, apa lagi saat proses copy data master ke flashdisk. Nah kalau salah-salah terus kan jadi jengkel. Persiapan Instal XP via Flashdisk Nah untuk itu, mumpung lagi semangat-semangatnya nulis di blog satu ini, saya coba postingkan cara saya meng-instal xp lewat flashdisk dengan detil step by step. Semoga mudah diikuti ya… Untuk tahap pertama peng-instal-an xp via flashdisk ini, yang perlu anda siapkan adalah mendownload software BootableUSBFlasdisk


Langkah langkah membuat Boootable Windows XP dengan Flash Disk
  1. Siapkan Flash Disk, Menurut sumbernya, flash disk yang di gunakan jangan lebih dari 2 Gb, di kwatirkan akan bermasalah pada file sistem nya. ( Saya menggunakan Flash Disk 4 Gb Merk Transcend, dan tidak ada masalah. Saya sarankan pake flashdisk jangan kurang dari 1 Gb, untuk menyalin CD windows XP nya )
  2. Lakukan Back Up pada flash disk, Copy dan pindahkan seluruh datanya ke harddisk.
  3. Masukkan CD windows XP kedalam CD atau DVD Rom.
  4. Setelah di download, silahkan extract folder Bootable USB Flash Disk menggunakan winrar atau winzip.Setelah di Extract,
  5. Jalankan File bat dengan nama Bootable USB Flash Disk. Akan tampil gambar seperti dibawah ini. "Pres any key to continue...." silahkan tekan sembarang tombol untuk melanjutkan proses.

Tekan "Enter"


Ada 3 opsi pilihan yaitu P, H dan N seperti gambar di bawah. Ketik huruf P pada command prompt lalu enter.

Akan tampil gambar PeToUSB seperti dibawah ini (Jendela command Promt nya jangan di close),

silahkan beri nama flash disk pada kolom drive label. Langsung Klik start. Muncul jendela Pop Up "Continue?" tekan "Yes". Muncul jendela Pop Up lagi "Are You Sure You Want To Continue?" tekan "Yes". Proses format flashdisk akan berjalan. Setelah proses format flash disk selesai, Selanjutnya silahkan close Software PeToUSB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar