Jumat, 02 Desember 2011

Tips dan Trik Mengatasi USB Flashdis yang tidak terbaca.

Jika anda pernah mengalami USB Flashdis anda tidak terbaca di computer, mungkin beberapa penyebab masalah itu adalah:

  1. Kemungkinan USB Controller pada komputer Anda ter-Disable (ter-nonaktifkan) pada Windows Device Manager.

Solusi : Klik kanan “My Computer”, lalu pilih dan klik “Properties”, kemudian klik tab “Hardware”, setelah itu klk tombol “Device Manager”. Setelah Device Manager Window terbuka, pilih dan expand “Universal Serial Bus Controllers”, pilih dan klik kanan USB Controller, lalu pilih dan klik “Enable”, atau klik ganda (/klik kanan) USB Controller untuk membuka USB Controller Properties, kemudian pada “Device usage” pilih “Use this device (enable)”, terakhir klik “OK”

  1. Kemungkinan USB Controller pada komputer Anda ter-Disable (ter-nonaktifkan) pada BIOS Configuration

Solusi : Masuk BIOS Configuration biasanya dengan menekan tombol [Del]/[F2] beberapa kali pada saat Komputer booting/startup, kemudian aktifkan (Enable) USB Periheral yang ter-Disable, langkah terakhir, Simpan (Save) konfigurasi dan keluar (Exit) untuk Restart Komputer. Sebagai Catatan: Jika berbeda BIOS (Version, Merk, Jenis) Letak menu dan pengaturan juga berbeda.

  1. Kemungkinan USB Controller pada komputer Anda ter-Disable (ter-nonaktifkan) pada Windows Service.msc Configuration
Solusi : Klik “Start” menu, lalu klik “Run”, kemudian ketik: service.msc, selanjutnya klik “OK”. Setelah Anda masuk ke Windows Service (Local) Configuration Window, cari “Removable Storage”, kemudian Klik Ganda atau Klik Kanan “Removable Storage” untuk menampilkan “Removable Storage” Properties. Pastikan pada Toolbox “Startup Type” terpilih “Automatic” (NOT “Disabled”) untuk mengkondisikan USB Controller aktif secara otomatis saat Windows startup. Terakhir, disarankan untuk Restart Komputer. Anda juga bisa menekan tombol “Start” pada “Service Status”, yang berada dalam kondisi “Stopped” atau tidak aktif, untuk mengaktifkan USB Controller secara langsung/instan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar