Jumat, 02 November 2012

Cara Membobol password BIOS komputer

BIOS password digunakan untuk memberi keamanan ekstra pada komputer atau laptop. Jika password pada BIOS komputer atau laptop diaktifkan, maka setting BIOS akan aman terlindung dari akses pihak yang usil. Selain itu langkah ini bisa juga untuk melindungi penggunaan komputer / laptop oleh pihak yang tidak berwenang, karena password selalu diminta saat booting.
Sayangnya bisa timbul masalah kalau kita lupa passwordnya. Kita tidak bisa masuk ke setting BIOS, juga tidak bisa menggunakan komputer. Jika Anda menemui masalah tersebut, cara membobol password BIOS komputer di bawah ini bisa dicoba.
Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membobol password BIOS komputer agar reset kembali ke setting defaultnya. Berikut ini langkah-langkahnya:


  • Melepas baterai CMOS
  • Dengan cara men-jumping motherboard
  • Menggunakan MS DOS command
  • Menggunakan software terten
  • Menggunakan Backdoor BIOS password

  • Sekarang saya akan jelaskan satu persatu.
    • Lepaskan baterai CMOS Semua motherboard memiliki sebuah baterai kecil seukuran koin yang disebut CMOS battery. Fungsi baterai ini adalah memberi arus listrik pada chip CMOS agar bisa digunakan untuk menyimpan semua setting BIOS.


    Untuk mereset password, lepaskan baterai tersebut dari motherboard, kemudian tunggulah sekitar 15 – 30 menit, lantas pasang kembali baterai tersebut. Langkah ini akah mereset semua setting BIOS ke nilai default termasuk menonaktifkan passwordnya. Jangan lupa untuk kembali melakukan setting manual terhadap parameter BIOS jika diperlukan.
    • Dengan melakukan jumping motherboard
      Hampir semua motherboard memiliki jumper untuk mereset setting yang tersimpan di CMOS term
      asuk password BIOS. Letak jumper ini bervariasi, tetapi biasanya terletak dekat baterai CMOS. Lebih baik Anda lihat manual motherboard.

    Untuk menemukannya lihatlah jumper yang terletak dekat baterai CMOS. Jumper ini memiliki 3 pin, dan biasanya tertera label di sampingnya bertuliskan CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacam itu. Saat Anda menemukannya, dua pin pertama akan dihubungkan oleh konektor berupa kotak kecil (soket jumper). Itu adalah pin 1 dan 2, sedangkan pin 3 bebas. Nah, silahkan cabut soket jumper tersebut kemudian pindahkan ke pin 2 dan 3. Jadi pin 2 dan 3 terhubung, sedangkan pin 1 bebas. Tunggulah beberapa detik, kemudian kembalikan lagi soket jumper tersebut ke posisi asalnya (pin 1 dan 2). Langkah ini akan mereset setting CMOS dan password BIOS.
    Perhatian! Lakukan langkah ini dalam kondisi komputer mati dan kabel power dicabut. Jangan lupa menempatkan posisi soket jumper ke posisi semula (tancapkan pada pin 1 dan 2) sebelum menyalakan komputer. Kelalaian akan hal ini akan menyebabkan rusaknya chip BIOS dan komputer Anda akan mati total!
    • Menggunakan MS DOS command
      Cara ini hanya bekerja jika komputer bisa booting dan masuk ke sistem, jadi hanya password BIOS yang terproteksi. Jika boot komputer yang terproteksi, maka cara ini tidak bisa digunakan. Langkah ini menggunakan disket/CD/USB yang berisi program MS DOS. Silahkan jalankan MS DOS, kemudian bukalah command prompt dan ketikan perintah ini satu per satu:
    • Menggunakan software
      Jika tidak ingin repot melakukan langkah di atas, Anda bisa melakukan reset CMOS dan password BIOS menggunakan software berikut ini dengan beberapa klik. Silahkan download software CmosPwd atau Software KillCMOS.
    • Banyak produsen BIOS yang menyertakan password BIOS di dalam chipnya. Master password ini sebenarnya digunakan untuk keperluan testing atau troubleshooting. Cobalah memasukkan password default pabrikannya dari daftar di bawah ini. Saya tidak tahu apakah ada perubahan mengenai master password BIOS ini, tetapi tidak ada salahnya dicoba.

      AMI BIOS Passwords:

      A.M.I.
      AAAMMMIII
      AMI?SW
      AMI_SW
      AMI
      BIOS
      CONDO
      HEWITT RAND
      LKWPETER
      MI
      Oder
      PASSWORD

      AWARD BIOS Passwords:

      01322222
      589589
      589721
      595595
      598598
      ALFAROME
      ALLy
      aLLy
      aLLY
      ALLY
      aPAf
      _award
      award
      AWARD_SW
      AWARD?SW
      AWARD SW
      AWARD PW
      AWKWARD
      awkward
      BIOSTAR
      CONCAT
      CONDO
      Condo
      d8on
      djonet
      HLT
      J64
      J256
      J262
      j332
      j322
      KDD
      Lkwpeter
      LKWPETER
      PINT
      pint
      SER
      SKY_FOX
      SYXZ
      syxz
      shift + syxz
      TTPTHA
      ZAAADA
      ZBAAACA
      ZJAAADC

      PHOENIX BIOS Passwords:

      BIOS
      CMOS
      phoenix
      PHOENIX

      Passwords umum/sembarang:

      ALFAROME
      BIOSTAR
      biostar
      biosstar
      CMOS
      cmos
      LKWPETER
      lkwpeter
      setup
      SETUP
      Syxz
      Wodj

      BIOS Passwords untuk pabrikan lain:

      Biostar – Biostar
      Compaq – Compaq
      Dell – Dell
      Enox – xo11nE
      Epox - central
      Freetech – Posterie
      IWill – iwill
      Jetway – spooml
      Packard Bell – bell9
      QDI – QDI
      Siemens – SKY_FOX
      TMC – BIGO
      Toshiba – Toshiba
      VOBIS & IBM – merlin

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar